Mengenal Kategori Utama Monitor
fussionsolutions

Mengenal Kategori Utama Monitor

Mengenal Kategori Utama Monitor – Anda dapat mengklasifikasikan sebagian besar monitor dalam salah satu dari lima kategori, yang semuanya menargetkan audiens yang berbeda: Anggaran, Bisnis / Profesional, Layar Sentuh, Penggunaan Umum / Multimedia, dan Game. Harga dapat bervariasi dalam setiap kategori, tergantung pada teknologi panel yang digunakan, ukuran layar, dan fiturnya.

Budget Monitors

Jika Anda mencari monitor dasar untuk melihat email, menjelajahi web, dan menampilkan aplikasi kantor, tidak ada alasan untuk mengeluarkan uang terlalu banyak pada monitor dengan fitur yang tidak akan pernah Anda gunakan. Budget Monitor biasanya model tanpa embel-embel yang kurang bagus seperti USB ports, card readers, dan kamera web internal. Beberapa model yang lebih murah menggunakan teknologi panel TN dan tidak dikenal karena atribut kinerjanya, terutama dalam hal penanganan gerakan dan akurasi skala abu-abu. Meskipun demikian, panel IPS telah menjadi hal biasa di zona anggaran di setiap ukuran layar.

Jangan berharap banyak pada fleksibilitas. Sebagian besar Budget Monitor didukung oleh penyangga kaku yang dapat memberikan penyesuaian kemiringan tetapi mungkin tidak menawarkan penyesuaian ketinggian dan poros. Seperti hampir semua tampilan, biaya akan meningkat seiring dengan ukuran panel. Anda dapat membeli panel 24 inci sederhana mulai dari sekitar $ 100, sementara Budget Monitor 27 inci dapat dimiliki dengan harga kurang dari $ 150.

Monitor Bisnis / Profesional

Kategori ini mencakup berbagai jenis monitor, dari layar kecil, model “green” yang sadar energi untuk penggunaan kantor sehari-hari hingga layar kelas profesional kelas atas, harga tinggi, 32 inci ke atas yang menggunakan indium gallium zinc oxide (IGZO) atau high-performance in-plane switching (AH-IPS) berteknologi canggih dan melayani para profesional grafis yang membutuhkan tingkat akurasi warna dan skala abu-abu yang tinggi. Monitor bisnis biasanya menawarkan dudukan ergonomis yang dapat disesuaikan untuk kenyamanan maksimal. Sangat sering, mereka akan menawarkan penyesuaian pivot, yang memungkinkan Anda memutar layar 90 derajat untuk dilihat dalam mode potret. Cari monitor dengan fitur putar otomatis yang membalik gambar untuk Anda saat Anda mengubah orientasi. Fitur bisnis-sentris lainnya termasuk garansi yang murah hati (tiga atau empat tahun) dengan layanan pertukaran semalam, built-in USB port, dan program daur ulang yang agresif.

Model yang terisi penuh dengan panel kelas atas akan menghabiskan banyak biaya, tetapi untuk fotografer dan profesional grafis lainnya, ini adalah uang yang dihabiskan dengan baik. Di ujung lain dari spektrum harga adalah monitor hemat energi tanpa embel-embel; mereka tidak menawarkan banyak fitur, tetapi karakteristik daya rendah mereka dapat membantu bisnis menghemat uang melalui pengurangan biaya energi.

Monitor Layar Sentuh (Touch-Screen Monitors)

Tampilan desktop layar sentuh telah mendapatkan daya tarik, tetapi sebagian besar di pasar vertikal. Anda akan membayar sedikit lebih mahal untuk teknologi layar sentuh, tetapi itu sepadan jika Anda peduli dengan pengalaman sentuh Windows. Cari model yang dilengkapi dengan penyangga yang memungkinkan Anda memposisikan panel sehingga hampir sejajar dengan desktop Anda, jika Anda membutuhkan interaksi semacam itu. (Beberapa model sentuh dirancang tanpa dudukan, dimaksudkan untuk diintegrasikan ke lingkungan tertentu dengan dudukan atau lengan khusus).

Lebih umum daripada layar sentuh desktop yang sebenarnya, adalah monitor layar sentuh portabel, baik untuk penggunaan tujuan umum dan untuk seniman grafis,

Monitor Penggunaan Umum / Multimedia

Tampilan multimedia biasanya menawarkan pilihan fitur yang bagus untuk membantu Anda membuat dan melihat proyek foto dan video rumah. Panel yang bagus semacam ini biasanya akan menyediakan berbagai pilihan konektivitas, yang utama di antaranya HDMI dan DisplayPort; model kelas hiburan yang tangguh juga akan menyertakan koneksi audio. Setidaknya dua port USB harus tersedia, sebaiknya dipasang di sisi kabinet untuk memudahkan akses; port USB Type-C yang memungkinkan Anda mengisi daya, katakanlah, laptop dari monitor Anda sambil mengizinkan transfer data dua arah adalah nilai tambah besar lainnya.

Monitor mungkin juga memiliki speaker internal. Pada panel multimedia yang bagus, mereka harus berada di atas versi berdaya rendah yang biasa ditemukan di sebagian besar monitor. Seperti yang disebutkan sebelumnya, jika keluaran audio merupakan faktor penentu, cari layar dengan pengeras suara dengan daya 2 watt atau lebih. Lonceng dan peluit multimedia yang kurang umum untuk diperhatikan termasuk built-in card reader, yang memudahkan untuk melihat foto dan video langsung dari media kamera Anda, atau webcam built-in untuk obrolan video dan untuk mengambil foto dan video cepat yang mudah untuk mengirim email.

Monitor Gaming

Tampilan untuk game memerlukan waktu respons yang cepat untuk menampilkan gambar bergerak tanpa menghasilkan kesalahan atau artefak gerakan. Panel dengan waktu respons yang lebih lambat dapat menghasilkan gambar bergerak cepat yang buram, yang dapat mengganggu selama bermain game. Pada layar yang lebih kecil, kekurangannya mungkin tidak begitu terlihat, tetapi saat Anda bermain game di layar yang berukuran 27 inci atau lebih besar, Anda sebaiknya tetap mengaburkannya seminimal mungkin. Cari panel dengan waktu respons 5ms (hitam-putih) atau 2ms (abu-abu-ke-abu-abu) atau kurang.

Monitor game kelas atas mungkin menawarkan dukungan untuk teknologi tampilan G-Sync (Nvidia) atau FreeSync / FreeSync 2 (AMD) yang mengurangi artefak yang merusak layar dan memberikan pengalaman bermain game yang sangat mulus, tetapi komputer Anda memerlukan kartu grafis khusus yang kompatibel untuk memanfaatkan fungsionalitas itu.

Mengenal Kategori Utama Monitor

Subkategori tampilan permainan yang muncul dengan cepat adalah yang disebut panel “high-refresh”. Sebagian besar pembuat monitor game sekarang menawarkan tampilan yang menampilkan kecepatan refresh di atas norma 60Hz. Mereka diarahkan untuk penggemar esports atau gamer kompetitif yang serius, yang akan menggunakan panel dalam game yang berjalan di atas 60 frame per detik untuk meningkatkan kelancaran. (Bergantung pada game yang Anda mainkan, Anda mungkin memerlukan high-end video card untuk melihat manfaat dari tampilan penyegaran tinggi). High-refresh monitor ini ditawarkan dalam berbagai interval penyegaran mulai dari 75Hz hingga 360Hz, dengan 144Hz menjadi flavor yang paling umum. Monitor ini juga sering mendukung FreeSync atau G-Sync.

Monitor gaming terbaik adalah 65-inch BFGD (“Big-Format Gaming Displays”) yang pengembangannya telah dibantu oleh Nvidia sebagai ujung tombak. Raksasa 4K ini berkemampuan HDR, memiliki kecerahan puncak 1.000 nits, mendukung kecepatan bingkai 120Hz atau lebih, dan mendukung teknologi sinkronisasi adaptif G-Sync. BFGD pertama yang dipasarkan adalah HP Omen X Emperium 65 Big Format Gaming Display (BFGD). Hanya dua BFGD lain yang telah bergabung dengan Omen: Asus ROG Swift PG65UQ, dan LG OLED65E92A. Yang terakhir olahraga layar OLED dan TV pintar seperti monitor. Meskipun mereka lambat muncul, BFGD tetap menjadi kekuatan yang harus diperhitungkan bagi para gamer yang mampu membelinya.

Karena audio adalah bagian besar dari pengalaman gaming yang imersif, jika Anda belum memiliki set speaker desktop, pertimbangkan model dengan sistem speaker yang layak. (Namun, sebagian besar speaker dalam monitor berukuran sedang). Sebagai alternatif, jack yang dipasang di samping atau depan kabinet untuk mencolokkan headset gaming praktis jika Anda cenderung memilih jalur suara yang ada. Monitor dengan hub USB untuk menyambungkan beberapa pengontrol juga diinginkan.