Sekilas Tentang Memori Komputer
fussionsolutions

Sekilas Tentang Memori Komputer

Sekilas Tentang Memori Komputer – Ini mencadangkan atau menyimpan instruksi dan hasil, hasilnya dapat disimpan secara permanen maupun sementara. Data atau instruksi setelah disimpan dapat diambil kembali atau dipanggil kembali atau ditinjau setiap kali pengguna meminta.

Mereka dapat menyimpan sejumlah besar data dan informasi sesuai kebutuhan. Pengguna dapat menggunakan data tersebut kapan pun dibutuhkan. Hard Disk Komputer yang digunakan sebagai memori memiliki kemampuan untuk menyimpan volume data seperti lagu, film, gambar, perangkat lunak dapat dengan mudah mendapatkan akses ke data ini kapanpun atau dimanapun permintaan pengguna. Pengguna dapat yakin dengan data mereka, karena data disimpan hampir secara permanen.

Memori komputer dapat diklasifikasikan dalam empat jenis:

Internal Processor Memory

Register kecil berkecepatan tinggi ini yang hidup secara internal di dalam CPU atau Prosesor, register ini digunakan dan digunakan untuk menyimpan data atau instruksi dan informasi sementara sebelum data diproses lebih lanjut di mana pemrosesan dan persiapan nyata terjadi.

Register ini ditempatkan di dalam ALU dan unit kontrol, mereka berkecepatan tinggi yang melakukan operasi aritmatika dan logis dalam kecepatan tinggi, mereka menyimpan atau mencadangkan data atau instruksi dan informasi sementara selama proses, register sangat efisien.

Register bekerja di bawah kendali dalam control unit untuk menerima dan menyimpan data atau instruksi dan informasi. Kecepatan atau kekuatan pemrosesan dan penanganan sistem komputer bergantung pada ukuran, kapasitas, dan batas register. Beberapa register dapat menampung hingga 8 bit hingga 16 bit data. Namun seiring peningkatan dalam inovasi mutakhir, microchip atau microprocessor telah dibuat, dirancang, dan dikembangkan untuk membuat operasi dan aplikasi bekerja secara signifikan lebih cepat daripada beberapa waktu sebelumnya.

Microprocessor atau microchip yang lebih up to date dapat menampung register 32 bit hingga 128-bit, karena kapasitas register menyimpan data telah meningkat sehingga kecepatan sistem komputer untuk mengakses, menangani, menyiapkan dan memproses kecepatan data telah meningkat secara dramatis dan diperluas.

Jenis komputer yang berbeda menggunakan dan menggunakan jenis register yang berbeda bergantung pada ukuran, kemampuan, dan kemampuannya. Memori cache ini menyimpan data dan informasi untuk sementara dan lebih cepat dibandingkan dengan memori utama, karena mereka berada atau tinggal di dalam prosesor, kecepatan mereka mentransfer data ke lokasi lain lebih cepat daripada “memori komputer” lainnya.

Primary atau Main Memory

Primary atau Main Memory juga disebut sebagai “SEMICONDUCTOR MEMORY”. Ini juga merupakan memori sementara yang mencadangkan atau menyimpan data dan informasi untuk sementara, seperti ketika listrik mati atau tidak ada daya data atau informasi tersebut hilang.

Mereka bekerja atau hanya menyimpan data sekarang yang sedang digunakan dan digunakan oleh sistem komputer. Mereka tidak secepat register. Memori semikonduktor lebih cepat, lebih kecil, lebih ringan dan mengkonsumsi lebih sedikit daya dibandingkan dengan penyimpanan sekunder. Mereka memiliki kapasitas terbatas, serta sangat mahal dan hanya dapat menyimpan beberapa byte data.

Mereka adalah memori penting untuk komputer seolah-olah mereka dihapus dari komputer gagal untuk memulai atau boot secara normal. Setiap komputer membutuhkan memori utama untuk bekerja dengan baik. Kapasitas memori utama dihitung dalam MB (Mega-Bytes) dan GB (Gega-Bytes). Saat ini mereka datang dalam kapasitas besar mulai dari 2 GB hingga 16 GB.

Memori utama selanjutnya diklasifikasikan menjadi dua kategori:

RAM (RANDOM ACCESS MEMORY)

RAM ini dikenal sebagai “Random Access Memory”. Ini adalah memori yang mudah menguap yang berarti tidak dapat mencadangkan atau menyimpan data atau instruksi atau kumpulan informasi setelah daya dimatikan.

Mereka cepat, lebih murah & ringan. RAM  dapat mentransfer atau bertukar data dari dan ke CPU jauh lebih cepat daripada penyimpanan sekunder. RAM ditempatkan di dalam sistem komputer tepatnya dipasang pada motherboard komputer dan itu juga merupakan alasan utama untuk kecepatan komputer.

Ini digunakan untuk menyimpan semua program atau instruksi aktif dengan tujuan agar dapat ditukar sebagai tambahan ke CPU untuk proses tambahan.

Teknologi yang digunakan dalam RAM didasarkan pada sirkuit terintegrasi semikonduktor. Ram dibagi menjadi dua kategori lagi:

  • Static RAM: Menyimpan informasi biner di clocked sequential circuits. Ini terdiri dari flip-flops dan menyimpan sentuhan tegangan. Ini adalah memori yang mudah menguap atau tidak stabil jika daya dari data atau instruksi dihancurkan. Jenis memori ini tidak membutuhkan penyegaran.
  • Dynamic RAM: Menyimpan informasi biner berupa muatan listrik yang dihubungkan ke kapasitor yang ada di dalam chip. Jenis Ram ini mengkonsumsi lebih sedikit daya dan mampu menyimpan atau menyimpan lebih banyak data dan informasi dibandingkan dengan RAM statis.

ROM (READ ONLY MEMORY)

ROM Singkatan dari “READ ONLY MEMORY” mereka non-volatile atau non-unstable jika power dimatikan masih dapat menyimpan data secara permanen. Mereka dapat digunakan sebagai penyimpanan permanen.

Pengguna tidak dapat memanipulasi data yang ada di dalam memori ini hanya pabrikan atau pemrogram yang menulis program atau instruksi di dalamnya. Yang digunakan untuk mem-boot komputer atau sistem operasi saat komputer dihidupkan.

Jenis ROM

  • PROM: PROM adalah singkatan dari “Programmable Read-Only Memory” itu juga merupakan jenis memori non-volatile. Yang setelah diprogram atau disesuaikan maka set instruksi atau informasi yang disimpan tidak dapat dihapus atau diperbarui atau disegarkan. Pemrogram Komputer atau pengembang perangkat lunak menulis dan menyusun program atau kode dalam chip ini sedemikian rupa untuk menerima fungsionalitas yang diinginkan, peralatan khusus digunakan untuk menulis program di dalam chip.
  • EPROM: EPROM adalah singkatan dari “Erasable Programmable Read-Only Memory” sesuai dengan namanya program yang telah ditulis dan disusun oleh pemrogram komputer dapat dihapus atau diperbarui sesuai dengan kebutuhan. Anda hanya perlu membuka chip ini ke sinar Ultraviolet Tinggi selama lebih dari 20 menit untuk menghapus informasi. Setelah diekspos, mereka dapat digunakan kembali setelah diprogram ulang. Mereka tidak boleh terlalu terang untuk menghindari kerusakan. Anda tidak dapat menghapus, menghapus satu konten darinya seolah-olah Anda mencoba melakukannya seluruh data atau informasi di dalam chip terhapus atau terhapus. Jenis memori ini banyak digunakan karena murah dan dapat diandalkan.
  • EEPROM: EEPROMS adalah singkatan dari “Electrically Erasable Programmable Read-Only Memory” untuk menghapus informasi atau data di dalamnya seseorang harus mengambil memori di luar PCB (Printed Circuit Board). Karena waktu yang dibutuhkan untuk menghapus informasi secara signifikan lebih cepat, EPROM.

CACHE MEMORY Of Computer System

Memori cache berada di antara memori utama dan CPU [Central Processing Unit]. Ini sangat mahal oleh karena itu pabrikan menggunakannya dalam jumlah rendah. Mereka cepat dan dapat diandalkan. Mereka juga disebut semikonduktor berkecepatan tinggi. Mereka terutama bertanggung jawab untuk mempercepat CPU. Mereka menyimpan atau menyimpan data yang sering digunakan oleh “COMPUTER PROCESSOR“.

Program atau informasi ini ditransfer dan dipertukarkan dari disk ke memori cache dengan bantuan sistem operasi sehingga Prosesor dapat mengaksesnya. Mereka jauh lebih cepat daripada memori utama, waktu pertukaran data lebih sedikit dibandingkan dengan memori utama.

Ini adalah salah satu memori komputer tercepat yang digunakan dalam sistem komputer. Komputer yang kuat menggunakan lebih banyak memori cache untuk mempercepat proses transfer dan pertukaran informasi.

Storage | Secondary Memory of Computer

Sekilas Tentang Memori Komputer

Penyimpanan Sekunder juga disebut sebagai “AUXILLARY MEMORY”. Mereka juga disebut “PERMANENT MEMORY” karena bersifat non-volatile, data yang disimpan di dalamnya disimpan secara permanen dan pengguna bisa mendapatkan akses ke data mereka kapan pun permintaan pengguna. Jika daya dimatikan, mereka tetap tidak kehilangan datanya karena sifatnya yang non-volatile nature.

Mereka adalah jenis memori PC paling lambat dan paling murah karena mereka tidak dapat secara langsung dan lugas mendapatkan akses ke CPU, mereka menggunakan memori utama untuk menyimpan dan menyimpan sebagian informasi mereka.

Mereka dapat menyimpan volume data yang besar secara permanen, dan kapan pun sistem komputer membutuhkan data itu dapat disajikan ke memori utama untuk diproses lebih lanjut.

Berbagai jenis Memori sekunder yang digunakan dalam sistem komputer:

  • Magnetic Tapes
  • Hard-disk
  • Floppy Disk
  • Zip Drives
  • Optical Disk.